Thursday, May 23, 2013

Kiat Mengembangkan Kreativitas


Hari Kreativitas Internasional diperingati dunia setiap tanggal 21 April. Dalam rangka memperingati Hari Kreativitas Nasional, kami akan memberikan kiat-kiat meningkatkan kreativitas
Kreativitas adalah karya yang merupakan hasil pemikiran dan gagasan. Kreativitas dapat dikembangkan melalui jumlah dan ragam masukan ke otak terutama hal baru. Inilah beberapa kiat meningkatkan kreativitas:
1.       Menjelajahi Pikiran dan Eksplorasi
Salah satu ciri orang yang kreatif adalah selalu terbuka dengan gagasan atau kemungkinan baru. Kreativitas berarti kita secara aktif mencari dan mengembangkan gagasan secara terus menerus. Seorang yang kreatif senantiasa berusaha mencari berbagai cara yang berbeda untuk mengerjakan sesuatu dengan keyakinan bahwa ada banyak kemungkinan, peluang, produk, jasa, teman, metode dan gagasan yang menunggu untuk ditemukan dan dicoba. Banyak penemuan dan kemajuan yang signifikan dalam berbagai hal terjadi karena seseorang yang senantiasa menjelajahi pikiran dan mengeksplorasi hal-hal yang belum pernah dipikirkan oleh orang lain sebelumnya.
2.       Mengembangkan Pertanyaan
Bertanyalah tentang apa saja dan selalu bertanya merupakan keharusan bagi kita untuk tumbuh dan berkembang. Kehidupan yang kreatif adalah upaya mencari terus menerus. Jangan menganggap segala sesuatu sudah semestinya (take it for granted), senantiasa pertanyakan dan bertanyalah tentang apapun yang kita lihat, alami dan lakukan dalam kehidupan ini.
3.       Mengembangkan Gagasan Sebanyak-banyaknya
Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan gagasan yang bagus adalah mengumpulkan gagasan sebanyak-banyaknya, sebagaimana perkataan pemenang nobel kimia, Linus Pauling; “The best way to get good ideas is to get a lot of ideas”.  Jika kita hanya senantiasa membatasi dengan satu gagasan, satu jawaban, satu cara, dan satu kehidupan yang kita jalani, kita tidak akan pernah memperoleh hal-hal terbaik dalam aktifitas dan kehidupan kita. Latihlah pikiran kita, senantiasa kembangkan kreativitas dan imajinasi kita untuk selalu mencari banyak solusi dan alternatif. Kita harus ingat bahwa banyak sekali pilihan dan alternatif untuk problem yang sedang kita hadapi, boleh jadi alternatif yang lain merupakan solusi terbaik.
4.       Berpikir Keluar dari Kebiasaan Lama (Out of The Box)
Menjadi kreatif sering kali berarti melanggar aturan atau pola-pola lama yang sudah ada, dan mengembangkan cara-cara baru dalam melakukan sesuatu (bukan dalam hal yang menyangkut ibadah tentunya). Jika kita tidak memperoleh hasil yang baik seperti yang kita inginkan dalam berbagai aktifitas kehidupan kita, cobalah untuk melakukan hal yang berbeda. Bagaimana mungkin kita mengharapkan hasil atau keadaan yang berbeda dengan apa yang kita miliki sekarang, jika kita tetap melakukan hal yang sama.
5.       Gunakan Imajinasi
Imajinasi kita tidak dibatasi oleh batasan dunia nyata kita. Imajinasi yang kreatif akan membantu kita untuk mengeksplorasi pilihan-pilihan yang berbeda dan melihat banyak sekali skenario dan peluang.
Semoga bermanfaat ^^






No comments:

Post a Comment